Sambangi Menlu Tiongkok, Menko Luhut Bahas Dua Proyek Besar

Sambangi Menlu Tiongkok, Menko Luhut Bahas Dua Proyek Besar
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: ANTARA/Instagram @luhut.pandjaitan/pri

jpnn.com, YUNNAN - Menteri Luar Negeri (Menlu) Tiongkok Wang Yi menggelar pembicaraan dengan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan di Yunnan, Tiongkok, Jumat (9/10). 

Dalam pertemuan tersebut Luhut bertindak sebagai utusan khusus presiden sekaligus Koordinator Kerja Sama Indonesia dengan Tiongkok.

Selaras dengan peringatan 70 tahun pembentukan hubungan diplomatik Tiongkok-Indonesia, Wang berharap kedua negara dapat memperkuat kerja sama di bidang-bidang seperti vaksin, e-commerce, kecerdasan buatan, serta pertukaran budaya dan masyarakat.

Wang juga mengatakan bahwa kedua negara harus memainkan peran utama dalam menegakkan kesetaraan dan keadilan, menjaga multilateralisme dan demokratisasi hubungan internasional, serta menjaga kepentingan bersama negara-negara dengan perekonomian yang berkembang cepat (emerging economies).

Luhut mengatakan Indonesia berkeinginan untuk fokus pada upaya penguatan kerja sama vaksin dan kesehatan dengan Tiongkok, segera menandatangani dokumen kerja sama Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra dan Poros Maritim Dunia, serta bersama-sama menjunjung multilateralisme. (xinhua/ant/dil/jpnn)

Pantas saja Indonesia tidak masuk daftar negara ASEAN yang bakal dikunjungi Menlu Tiongkok, ternyata Menko Luhut sudah datang ke sana


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News