Sambangi Palembang, MIND ID Dorong Berbagai Komunitas Lomba Inovasi

Sambangi Palembang, MIND ID Dorong Berbagai Komunitas Lomba Inovasi
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia mendorong berbagai komunitas ikut lomba inovasi. Foto: Tangkapan Layar MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia mendorong program ramah lingkungan yang berkelanjutan melalui kompetisi inovasi.

BUMN yang beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk menggelar roadshow BIGMIND Innovation Award 2022 di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (10/6).

Roadshow yang bertajuk 'Evolusi dan Masa Depan Industri Pertambangan Indonesia' ini menghadirkan dua pembicara eksternal yaitu Prof. Dr. Ir. Irwandy Arif selaku Staf Khusus Mentri ESDM Bidang Percepatan Tata Kelola Mineral dan Batubara, dan Dr. R. Sukhyar, yang menjabat sebagai Dewan Penasihat PERHAPI.

SVP Indonesia Mining & Mineral Research Institute (IMMRI) Ratih Dewihandajani Amri mengatakan MIND ID terus mendorong pertumbuhan ekosistem inovasi, riset, dan pengembangan khususnya di kluster mineral dan batu bara di Indonesia.

"Dan juga mengingat ragam inovasi dalam lanskap pertambangan belum begitu mendapat perhatian di Indonesia. Padahal, ruang inovasi yang tersedia di industri ini sebenarnya sangat besar untuk bisa dijajaki oleh para inovator Indonesia secara luas," kata Ratih dalam keterangannya.

Dia juga menyebutkan ajang inovasi yang dibagi menjadi tiga kategori besar yaitu, continuous improvement, new revenue stream, dan greenovator ini harapannya bisa menghasilkan solusi inovasi ataupun ide kreatif untuk di implementasikan di MIND ID Grup. 

Oleh karena itu, panitia menggelar enam kali Roadshow dengan tujuan agar masyarakat umum bisa mendapatkan gambaran secara lengkap permasalahan yang sedang dihadapi dalam dunia pertambangan terkini. 

Ajang Inovasi yang dibagi menjadi tiga kategori besar yaitu: Continuous Improvement, New Revenue Stream, dan Greenovator ini harapannya bisa menghasilkan solusi inovasi ataupun ide kreatif untuk di implementasikan di MIND ID Grup. 

SVP IMMRI Ratih Dewihandajani mengatakan MIND ID terus mendorong pertumbuhan ekosistem inovasi, riset, dan pengembangan terutama kluster mineral dan batu bara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News