Sambangi Wagub Banten, Sultan Dorong Percepatan Pembangunan Kawasan Ekonomi Halal

Sambangi Wagub Banten, Sultan Dorong Percepatan Pembangunan Kawasan Ekonomi Halal
Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin didampingi sejumlah anggota DPD RI bertemu Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy di komplekss kantor Gubernur Banten pada Selasa (30/11/2021). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Sultan B Najamudin menyambangi kantor Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy untuk melakukan pembicaraan intensif terkait percepatan pembangunan kawasan industri Halal di Provinsi Banten.

“Banten secara historis merupakan kawasan dagang yang sangat maju di zamannya. Letaknya strategis di selat Sunda dan erat kaitannya dengan jalur dagang kawasan Sumatra bahkan hingga ke Asia dan Eropa,” ungkap Sultan di komplekss kantor Gubernur Banten pada Selasa (30/11/2021).

Selain menjadi kawasan penyangga Ibu kota Jakarta, kata mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu, Banten menjadi pusat perkembangan dakwah Islam yang melahirkan banyak tokoh Agama dan ulama ternama di Indonesia.

"Kita beruntung memiliki seorang wakil presiden yang adalah figur ulama dan fuqaha yang berasal dari Banten. Ini merupakan modal ekonomi, khususnya ekonomi syariah yang penting untuk kita support dan kembangkan Bersama,” ujarnya.

Menurut Sultan, Banten bisa menjadi kawasan percontohan pengembangan kawasan industri halal dan keuangan syari'ah di Indonesia di tengah meningkatnya Trend industry dan bisnis halal di banyak negara industry maju.

"Sebagai negara dengan penduduk beragama Islam terbesar dunia, potensi industry dan bisnis syariah Indonesia Sangat besar, namun terkesan masih tertinggal di banding negara tetangga, seperti Malaysia,” kata dia.

Akibatnya, banyak produk halal kita justru berasal dari negara industri maju non-Islam. Padahal kita sudah memiliki semua instrumen dan ekosistem halal yang lebih potensial. Kita memiliki SDA sekaligus pasarmya.

Oleh karena itu, DPD RI secara kelembagaan merasa perlu untuk terlibat aktif dalam Berkontribusi memberikan masukan kepada para pimpinan daerah terkait pengembangan kawasan industri halal.

Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin saat menyambangi Wagub Banten mendorong percepatan pembangunan kawasan ekonomi halal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News