Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, KLHK Bareng Komunitas Gelar Bersih Ciliwung

Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, KLHK Bareng Komunitas Gelar Bersih Ciliwung
Direktur Pengendalian Pecemaran Air Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK Nety Widayati. Aristo/JPNN

jpnn.com, DEPOK - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama 36 komunitas menggelar aksi bersih Sungai Ciliwung sebagai bagian dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2022.

KLHK bersama komunitas dari pemerhati Ciliwung menggelar bersih-bersih di enam titik di Kota Depok yang mencakup Sukmajaya, Pancoran Mas, dan Beji, Sabtu (4/6).

Direktur Pengendalian Pecemaran Air Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK Nety Widayati berharap kegiatan bebersih Sungai Ciliwung menggerakkan kesadaran masyarakat.

Utamanya, kata dia, masyarakat bisa bersama-sama menjaga Ciliwung agar tidak tercemar limbah.

"Jadi, masyarakat berubah mindset-nya menjadi lebih peduli kepada lingkungan dan hasilnya terlihat jika kualitas air sungai Ciliwung membaik," kata Nety ditemui di Depok, Jawa Barat, Sabtu ini.

Wanita berkacamata itu mengatakan data dari KLHK menyebut limbah domestik rumah tangga menjadi sumber pencemar sungai.

Dari situ, kata Nety, perlu gerakan bersama demi menumbuhkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya kebersihan sungai.

"Jika dengan kami menggerakkan komunitas, sehingga komunitas menggerakkan masyarakat yang ada agar limbah pencemar domestik bisa tertangani karena seluruh masyarakat berubah pola pikirnya," kataya.

KLHK bersama komunitas dari pemerhati Ciliwung menggelar bersih-bersih di enam titik di Kota Depok yang mencakup Sukmajaya, Pancoran Mas, dan Beji.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News