JPNN.com

Samsung Merilis Prosesor Baru, Kinerja Gim dan Kamera Makin Joss

Jumat, 25 Oktober 2019 – 11:39 WIB Samsung Merilis Prosesor Baru, Kinerja Gim dan Kamera Makin Joss - JPNN.com
Exynos 990, prosesor baru untuk mobile. Foto: Samsung

jpnn.com - Samsung mengumumkan kehadiran prosesor mobile terbarunya yakni Exynos 990. Berdasarkan namanya, prosesor ini tampaknya bakal lebih kuat dibanding Exynos 980, yang diumumkan September lalu.

Exynos 990 merupakan prosesor yang diproduksi dengan proses fabrikasi 7nm sebagaimana halnya chipset Huawei Kirin 990 5G.

Prosesor memiliki delapan inti dalam konfigurasi CPU yang terbagi dalam tiga kluster 2 + 2 + 4. Tersedia custom CPU core generasi ke-5 + 2x Cortex-A76 core + 4x Cortex-A55 core.

Sayangnya, Samsung tak mengungkapkan kecepatan clock core prosesor itu. Namun, Samsung mengatakan kinerja CPU Custom mereka meningkat sebesar 20 persen dibandingkan pendahulunya.

Prosesor baru dibekali GPU Mali-G77 MP11 yang menggantikan GPU Mali-G76 MP12 dari Exynos 9820. GPU baru itu memberikan peningkatan kinerja atau efisiensi daya hingga 20 persen dibandingkan pendahulunya. Dengan GPU baru, Samsung menjanjikan CPU ini mampu memproses gim yang bebas dari lag.

Exynos 990 pun memiliki NPU Dual-Core, yaitu core yang meningkat dibanding NPU Exynos 9820. Dukungan lainnya yaitu Digital Signal Processor (DSP) yang ditingkatkan, bekerja dengan NPU baru guna memberikan pengalaman yang lebih baik khususnya dalam ranah kinerja kamera, asisten virtual hingga extended reality.

Menariknya, prosesor baru Samsung mampu mendukung resolusi kamera hingga 108 MP.

Tak hanya itu, Samsung juga membekali prosesor dengan decoding video 8K UHD pada 30fps, kecepatan refresh rate 120Hz, video 10-bit dan dukungan tampilan HDR.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...