Samsung Pimpin Penjualan Ponsel Pintar, Diikuti Huawei dan Apple

Samsung Pimpin Penjualan Ponsel Pintar, Diikuti Huawei dan Apple
Ilustrasi. Ponsel. Foto: AFP

jpnn.com - Di tengah penurunan pasar ponsel pintar global sekitar 13 persen pada kuartal pertama 2020, Samsung ternyata masih cukup kuat memimpin penjualan.

Pada kuartal pertama tahun ini, Samsung telah mengirimkan 59 juta unit smartphone ke seluruh dunia, di urutan pertama meski pangsa pasarnya turun dari 21 persen menjadi 20 persen.

Sebagai perbandingan bahwa pada kuartal pertama 2019, Samsung mampu menjual 72 juta unit smartphone di pasar global.

Di urutan kedua, Huawei mencatatkan penjualan 49 juta ponsel pada Januari-Maret 2020, sekitar 10 juta unit lebih sedikit dari periode sama 2019 yang mencapai 59,1 juta unit, mengutip laporan perusahaan riset Counter Point, Selasa.

Selanjutnya di urutan ketiga dan keempat ada Apple dan Xiaomi, yang masing-masing mengirimkan 40 juta dan 29,7 juta unit smartphone pada kuartal pertama tahun ini.

Seperti yang lainnya, penjualan Apple turun dari 42 juta unit pada kuartal sama 2019. Dan, hanya Xiaomi yang penjualannya naik dari hanya 27,8 juta tahun lalu.

Efek pandemi yang berkelanjutan di pasar ponsel cerdas kemungkinan akan lebih buruk di kuartal kedua, menurut Counter Point.

Pasar Tiongkok sedang pulih, sementara banyak pasar utama lainnya sedang menjalani karantina wilayah karena pandemi.

Di tengah penurunan pasar ponsel pintar global sekitar 13 persen pada kuartal pertama 2020, Samsung ternyata masih cukup kuat memimpin penjualan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News