Sandiaga Ajak Sampoerna Berkolaborasi Mendukung UMKM dan Ekonomi Kreatif

Sandiaga Ajak Sampoerna Berkolaborasi Mendukung UMKM dan Ekonomi Kreatif
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjelaskan pentingnya peran ekonomi kreatif di Indonesia. Foto: Dok Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjelaskan pentingnya peran ekonomi kreatif di Indonesia.

Hal itu diungkapkan dalam rangkaian webinar “UMKM Go Digital : Optimalisasi Digitalisasi Agar Bisnis Terus Berinovasi” PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) yang dimulai Kamis (18/8).

Menurut Sandiaga, ekonomi kreatif di Indonesia termasuk peringkat ketiga terbesar di dunia dengan total nilai lebih dari Rp 1.300 triliun dan menyumbang 7,5 persen PDB.

"Sektor tersebut banyak ditopang oleh pelaku UMKM," ujar Sandiaga.

Sandiaga juga memaparkan bahwa ekonomi negara didukung oleh sektor e-commerce.

Tren saaat ini, kata dia, e-commerce didominasi oleh bisnis kuliner sebesar 42 persen, fashion sebesar 18 persen, dan kriya sebesar 15 persen.

Melihat potensi ekonomi yang besar, Sandiaga mengajak Sampoerna untuk berkolaborasi mendukung UMKM, khususnya dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Sandiaga mengajak Sampoerna dan SRC (Sampoerna Retail Community) untuk berkolaborasi melalui program unggulan KATA Kreatif (Kabupaten dan Kota Kreatif), Apresiasi Kreasi Indonesia, dan ADWI atau Anugrah Desa Wisata, di mana Desa Wisata Sudaji.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjelaskan pentingnya peran ekonomi kreatif di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News