Sandiaga Uno Berbagi Kiat Memulai Bisnis di Acara HUT Ke-75 BNI

Sandiaga Uno Berbagi Kiat Memulai Bisnis di Acara HUT Ke-75 BNI
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno berbagi kiat bagi siapa saja yang ingin memulai usaha dari nol.

Sebelum terjun ke dunia politik dan sukses berbisnis seperti saat ini, Sandiaga Uno pernah sangat terpuruk pada 1997.

“Saya juga pernah di PHK. Saat itu tahun 1997, disaat dunia memang sedang dilanda krisis yang sangat dalam. Saya bekerja di sebuah perusahaan di luar negeri, terpaksa harus kembali ke Indonesia dengan kondisi bekal di dompet yang semakin tipis. Saya termotivasi untuk tetap bangkit atas semangat yang diberikan istri saya,” kenang Sandi.

Lalu apa yang dilakukan Sandi setibanya di Indonesia?

Memulai usaha dari nol. Keahlian dan hobi yang sangat disenanginya saat itu adalah mengutak-atik laporan keuangan perusahaan. Maka usahanya adalah menjadi konsultan keuangan.

Saat itu, 3 bulan lamanya, Sandi menawarkan jasa ke berbagai perusahaan, tetapi hanya berbuah penolakan, bahkan banyak yang tidak ingin menemuinya.

“Baru pada bulan keempat, saya mendapatkan konsumen pertama. Saya sangat bersyukur saat itu. Saya memulainya bersama teman – teman dekat saya. Dan sekarang dari seorang yang di PHK, saya dapat membangun bisnis yang menghidupi 30 ribu orang. BNI termasuk yang membantu saya di saat yang berat itu karena memberi pekerjaan. Saya patut berterimakasih pada BNI,” ujarnya.

Dari kepedihan menjadi korban PHK dan kemudian bangkit itu, Sandi memberikan saran bagi setiap warga +62 yang menjadi korban PHK atau sedang berjuang memulai usaha.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno berbagi kiat bagi siapa saja yang ingin memulai usaha dari nol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News