Sandiaga Uno Rangkul IPB Tingkatkan Kapasitas SDM Ekraf

Sandiaga Uno Rangkul IPB Tingkatkan Kapasitas SDM Ekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (ANTARA/Heru Suyitno)

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menekankan pentingnya kolaborasi dengan perguruan tinggi dalam upaya melakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di sektor ekonomi kreatif (ekraf).

Hal itu dilakukan untuk menyongsong kebangkitan sektor ekraf paskapandemi.

Dalam webinar bertema “Membangkitkan Perekonomian melalui Usaha Ekonomi Kreatif”, yang digelar Dewan Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Sandiaga mengatakan pandemi Covid-19 adalah waktu yang tepat untuk investasi SDM ekonomi kreatif.

Untuk itu, diperlukan kerjasama dengan perguruan tinggi guna mewujudkan hal tersebut.

“Di masa pandemi ini saatnya investasi SDM ekonomi kreatif. Saya yakin di tahun 2021 sektor ekonomi kreatif akan meningkat. Untuk itu saya mengajak perguruan tinggi untuk sama-sama Geber atau Gerak Bersama untuk kembangkan tiga pilar. Yaitu inovasi, adaptasi dan kolaborasi," kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, saat ini ada lebih dari 19 juta penduduk Indonesia menggantungkan hidupnya di sektor ekonomi kreatif. Untuk mencetak SDM berkualitas, ia mendorong agar setiap lini ekonomi kreatif bermitra dengan institusi pendidikan.

"Pariwisata dan ekonomi kreatif perlu SDM berkualitas. Di tengah situasi pandemi ini semakin banyak berkolaborasi akan semakin baik,” teranganya.

Dengan adanya kolaborasi dengan perguruan tinggi ini, Sandiaga berharap akan lahir pelaku ekonomi kreatif baru yang melek teknologi yang mampu mentransformasikan usahanya ke ekosistem digital.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menekankan pentingnya kolaborasi dengan perguruan tinggi dalam upaya melakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di sektor ekonomi kreatif (ekraf).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News