Sandiaga Uno Sebut Kolaborasi Baznas, Al Azhar, dan UMKM Kunci Kebangkitan Ekonomi

Sandiaga Uno Sebut Kolaborasi Baznas, Al Azhar, dan UMKM Kunci Kebangkitan Ekonomi
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan kolaborasi Baznas, Universitas Al-Azhar, dan para pelaku UMKM adalah kunci kebangkitan ekonomi. Foto: dok Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan kolaborasi Baznas, Universitas Al-Azhar, dan para pelaku UMKM akan mendorong penciptaan lapangan pekerjaan dan kebangkitan ekonomi Indonesia.

Hal itu disampaikan Sandiaga Uno dalam Kajian Ekonomi Bisnis Series 3, Zakat Sebagai Instrumen Pertumbuhan Ekonomi secara daring pada Minggu (3/4) siang.

Kemenparekraf, lanjutnya, saat ini sedang kembangkan pariwisata halal dengan wisata religi dan sejarah. Selain itu program bangga buatan produk Indonesia yang dilaunching 2020 terus dia kembangkan di saat pandemi Covid-19.

"Di bulan suci Ramadan ini, pertama kita mendorong agar para pengusaha bisa berani mengambil resiko seperti Pak Toto, yang terkena PHK berani memulai usaha sendiri," ucap Sandiaga Uno.

Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu pun membeberkan kunci keberhasilan dalam berbisnis.

Menurutnya, pertama adalah rajin berinovasi adalah kunci kesuksesan dalam berusaha. Sandiaga pun mencontohkan Ibu Mety dari Roti Unyil, yang kini usahanya kian berkembang ke kopi.

Kedua, kata Sandiaga, konsep amati, tiru, modifikasi (ATM) dipadukan dengan kolaborasi. Namun, tidak hanya kompetisi, tetapi nilai-nilai silahturahmi, gotong-royong dipercaya dapat mengembangkan usaha.

"Ketiga adalah amanah kejujuran bagaimana kita pegang agar usaha barokah dan memberikan manfaat bagi sesama dengan konsep Islam Rahmatan Lil Alamin," ungkapnya.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan kolaborasi Baznas, Universitas Al-Azhar, dan para pelaku UMKM adalah kunci kebangkitan ekonomi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News