Sandiaga Uno Siapkan Program Staycation untuk Tenaga Kesehatan 

Sandiaga Uno Siapkan Program Staycation untuk Tenaga Kesehatan 
Ilustrasi - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan Kemenparekraf menyiapkan program apresiasi berupa staycation gratis bagi para tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga penunjang fasilitas kesehatan (faskes) penanganan Covid-19. 

Menurut Sandiaga, hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada nakes dan tenaga penunjang faskes yang sedang dan telah menangani pasien Covid-19, sekaligus dalam rangka pemulihan ekonomi nasional khususnya industri pariwisata.

"Seiring dengan melandainya grafik Covid-19, kami mempersilakan para tenaga kesehatan untuk memanfaatkan program staycation yang saat ini sedang dipersiapkan oleh Kemenparekraf khususnya dari Deputi Bidang Pemasaran," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (22/10). 

Sandiaga menjelaskan staycation ini merupakan bagian dari program reaktivasi industri pariwisata melalui penyediaan akomodasi, fasilitas pendukung lainnya, serta sarana transportasi bagi nakes dan tenaga penunjang faskes penanganan Covid-19 di Indonesia.

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan kegiatan reaktivasi ini memiliki multiplier effect, yakni terjadinya kenaikan okupansi hotel sebesar 40 persen. 

Menurutnya, hal itu kemudian akan memberikan dampak mempekerjakan kembali karyawan yang telah dirumahkan baik yang berasal dari industri perhotelan maupun moda transportasi darat.

Selain itu, lanjut Sandiaga, kegiatan ini juga diharapkan meningkatkan keterlibatan tenaga kerja baik langsung maupun tidak langsung pada kegiatan reaktivasi industri sebanyak kurang lebih 8.600 orang. 

“Dan adanya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor akomodasi perhotelan dan transportasi darat yang berasal dari pajak perusahaan," ujar Sandiaga.

Sandiaga mengatakan Kemenparekraf telah menyiapkan program staycation gratis bagi para nakes dan tenaga penunjang faskes penanganan