Sang Pilot Tak Suka Ambil Risiko

Tragedi Kecelakaan Pesawat dalam Air Show di Nevada, AS

Sang Pilot Tak Suka Ambil Risiko
Sang Pilot Tak Suka Ambil Risiko
RENO - Spekulasi bahwa faktor pilot menjadi penyebab kecelakaan pesawat dalam pertunjukan udara di Kota Reno, Nevada, AS, pada Jumat sore lalu (16/9) atau kemarin pagi WIB (17/9) ditepis sejumlah kolega Jimmy Leeward, 74. Pilot kawakan itu dikenal sebagai sosok yang punya skill hebat dan menjadi bagian dari komunitas penerbang dengan kualifikasi hebat serta persyaratan sangat ketat.

Musibah tersebut terjadi saat Leeward melakukan atraksi dengan menerbangkan sebuah pesawat tua P-51 Mustang. Pria asal Ocala, Florida, tersebut kehilangan kontrol atas pesawat yang terjun ke tribun penonton di lokasi National Championship Air Races sekitar pukul 16.30. Leeward dan dua orang lainnya tewas. Selain itu, 50 orang lainnya luka. Beberapa di antaranya dalam kondisi kritis.

Mike Houghton, presiden Reno Air Races, menyatakan bahwa semua catatan Leeward sudah diperbarui dan dia sangat memenuhi syarat untuk mengikuti perlombaan atau atraksi tersebut. "Semua orang mengenal dia. Kami adalah keluarga (komunitas penerbang) yang punya keterikatan erat satu dengan yang lainnya," ujar Hoghton. "Dia sudah mengikuti perlombaan ini sejak lama," tambahnya.

Houghton menyebut bahwa Leeward menjadi langganan peserta dalam perlombaan tersebut sejak 1975. Leeward sempat melakukan wawancara dengan Live Airshow TV pada Kamis lalu (15/9) atau sehari sebelum kecelakaan. Berdiri di depan bekas pesawat tempur yang dipilotinya, saat itu dia menyatakan tidak ingin mengumbar strateginya dan seberapa cepat pesawatnya bisa terbang.

RENO - Spekulasi bahwa faktor pilot menjadi penyebab kecelakaan pesawat dalam pertunjukan udara di Kota Reno, Nevada, AS, pada Jumat sore lalu (16/9)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News