Sapi Dimangsa Harimau, BKSDA Pasang Perangkap

Sapi Dimangsa Harimau, BKSDA Pasang Perangkap
Sapi warga Desa Gajah Makmur, Kabupaten Mukomuko, dimangsa harimau, Minggu (2/4/2023) ANTARA/HO-Istimewa.

jpnn.com, MUKOMUKO - Sapi milik warga Desa Gajah Makmur, Kabupaten Mukomuko dimangsa harimau.

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu memasang perangkap harimau.

"Tim akan memasang perangkap harimau, hari ini juga mereka menuju ke lokasi sapi dimangsa harimau di Desa Gajah Makmur," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Bengkulu Said Jauhari dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

BKSDA Bengkulu sebelumnya menerima laporan terkait sapi milik warga Desa Gajah Makmur mati akibat dimangsa harimau di wilayah tersebut.

Kemudian BKSDA Bengkulu menurunkan sejumlah personel KSDA terdekat dari wilayah tersebut untuk melakukan pengecekan untuk memastikan kebenaran sapi dimangsa harimau.

Dia mengatakan ada dua upaya yang dilakukan untuk mencegah konflik harimau di wilayah tersebut, yakni dengan cara pengusiran atau pasang perangkap harimau tersebut.

Kejadian harimau di wilayah tersebut berulang karena lokasi merupakan lintasannya, yakni Desa Gajah Makmur termasuk desa lain seperti Desa Lubuk Talang, dan masih harimau yang sama.

Dia mengatakan di wilayah itu sudah ada Satgas Konflik Harimau di desa dan satgas ini bertugas untuk memantau dan melaporkan apabila ada konflik dengan harimau.

Informasi dari BKSDA ada sebanyak dua ekor harimau induk dan anak yang memangsa sapi milik warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News