Saran Ahli soal Vaksinasi Covid-19 saat Berpuasa

Saran Ahli soal Vaksinasi Covid-19 saat Berpuasa
Ahli menyarankan orang yang akan divaksin saat berpuasa saat Ramadan untuk mempersiapkan diri. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Yoana Periskila, MKK menyarankan masyarakat yang merasa lemas setelah disuntik vaksin Covid-19 saat berpuasa segera beristirahat.

"Masyarakat tidak perlu melakukan aktivitas yang menguras tenaga," kata dia di Jakarta, Minggu (18/4).

Dia juga menyarankan orang yang akan divaksin saat berpuasa saat Ramadan untuk mempersiapkan diri dengan mengonsumsi makanan dan minuman dengan gizi seimbang saat sahur dan berbuka puasa.

“Maka dari itu, penting bagi setiap orang untuk selalu memperhatikan kondisi fisik tubuh sebelum vaksinasi Covid-19, baik ketika berpuasa maupun tidak sedang berpuasa,” ujar dr. Yoana yang juga ketua gugus Covid-19 Primaya Hospital Bekasi Barat.

Dia menambahkan, sebelum vaksinasi peserta harus dalam kondisi sehat serta tidak ada keluhan seperti demam, sesak, batuk, serta penyakit komorbid lainnya.

"Peserta harus dalam kondisi stabil," kata dia.

Yoana juga mengatakan peserta harus memastikan kondisi badan fit dan istirahat yang cukup serta menyantap makanan bergizi tinggi dengan takaran cukup untuk tubuh.

"Setelah vaksinasi, lebih baik beristirahat dan hanya lakukan aktivitas ringan," kata dia.

Ahli menyarankan orang yang akan divaksin saat berpuasa saat Ramadan untuk mempersiapkan diri dengan mengonsumsi makanan dan minuman dengan gizi seimbang saat sahur dan berbuka puasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News