JPNN.com

Saran Bang Komarudin soal Waktu Ideal Pelaksanaan Pilkada

Senin, 18 Mei 2020 – 15:15 WIB Saran Bang Komarudin soal Waktu Ideal Pelaksanaan Pilkada - JPNN.com
Komarudin Watubun. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR Komarudin Watubun merasa kurang sreg dengan pelaksanaan Pilkada serentak pada Desember 2020. Menurut dia, Pilkada idealnya dilaksanakan pada 2021.

"Idealnya tahun depan," kata Komarudin dalam pesan singkatnya kepada awak media, Senin (18/5).

Dia menduga, persoalan pandemi Corona (COVID-19) belum selesai pada tahun ini. Dugaan itu diperkuat karena pemerintah tidak memiliki referensi pandemi mereda.

"Problem dasar sampai hari ini, pemerintah tidak punya data refrensi memastikan puncak pandemi turun. Bahkan, juga tingkat dunia," ungkap dia.

Menurut dia, keinginan kelompok yang menunda Pilkada tahun ini, lebih ditujukan ke urusan kesehatan. Kelompok itu tidak ingin terjadi penularan COVID-19 jika memaksakan Pilkada digelar tahun ini.

Komaruddin berharap, tidak terdapat pihak yang menaruh curiga ke kelompok lian, saat muncul narasi agar Pilkada tidak digelar tahun ini.

"Sekali pun pelaksanaan Pilkada digelar dengan mengikuti protokol kesehatan, potensi penyebaran virus tetap tinggi. Sebab, tingkat kedisiplinan masyarakat masih rendah," beber dia.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini menilai terlalu berisiko untuk memaksakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 dilaksanakan pada Desember.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
rama