Saran Fahri Hamzah untuk Pak Jokowi Terkait RKUHP

Saran Fahri Hamzah untuk Pak Jokowi Terkait RKUHP
Presiden Joko Widodo alias Jokowi bercengkerama dengan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyarankan Presiden Jokowi menggelar rapat konsultasi dengan pimpinan DPR sebelum RKUHP disahkan menjadi UU. Usul itu disampaikannya menanggapi permintaan Jokowi agar pengesahan RKUHP ditunda.

"Karena itu saya mengusulkan presiden agar mengadakan rapat konsultasi dengan pimpinan DPR pada hari Senin sebelum hari Selasa disahkan menjadi undang-undang," kata Fahri saat dihubungi wartawan, Jumat (20/9).

Dia menjelaskan seluruh menteri datang ke DPR membawa surat presiden dengan mindset bahwa Jokowi menginginkan adanya penyederhanaan undang-undang.

Menurut dia, dengan berlakunya KUHP baru maka seluruh UU yang pernah diproduksi yang menyebabkan begitu banyak sumber hukum di negara Indonesia itu memang akan didorong untuk mengikuti pasal dalam UU KUHP.

"Jadi mazhab yang diusulkan oleh presiden dengan mengatakan bahwa harus disederhanakan undang-undangnya itu adalah mazhab modifikasi undang-undang, itu yang kami mengerti. Mungkin presiden belum mendapatkan penjelasan yang komplet," paparnya. (boy/jpnn)

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyarankan Presiden Jokowi menggelar rapat konsultasi dengan pimpinan DPR sebelum RKUHP disahkan menjadi UU.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News