Saran Penting Bagi Pemudik saat Puncak Arus Balik dari Sumatra ke Jawa

Saran Penting Bagi Pemudik saat Puncak Arus Balik dari Sumatra ke Jawa
Pemerintah antisipasi puncak arus balik Lebaran 2022 dari Sumatra ke Jawa. Ilustrasi Foto: Antara

jpnn.com, LAMPUNG - Pemerintah memastikan kesiapan penanganan arus balik dengan mengantisipasi lonjakan pergerakan kendaraan dan penumpang angkutan penyeberangan dari Sumatra ke Jawa.

Pemerintah menyiapkan Pelabuhan Panjang di Lampung khusus untuk kendaraan logistik dan penumpang menuju ke Pelabuhan Ciwandan, Banten saat arus balik.

Upaya itu diharapkan dapat memperlancar pergerakan kendaraan, seperti bus, mobil, sepeda motor, dan penumpang dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni menuju ke Merak.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan perlu ada alternatif pelabuhan tambahan di luar Bakauheni untuk memperlancar arus pergerakan kendaraan.

"Upaya ini dilakukan agar masyarakat yang kembali menyeberang dari Sumatra ke Jawa dapat terlayani dengan lebih baik," ujarnya saat meninjau Pelabuhan Panjang di Lampung dan Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Rabu (4/5).

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut pengelola Pelabuhan Panjang akan menyiapkan sebanyak delapan kapal besar.

"Kendaraan besar seperti truk logistik akan dialihkan ke sini," tutur Budi.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir bakal mendukung kelancaran arus balik dengan memaksimalkan pelabuhan dan kapal yang ada di bawah pengelolaan BUMN.

Pemerintah memastikan kesiapan puncak arus balik dengan mengantisipasi lonjakan kendaraan dan penumpang angkutan penyeberangan dari Sumatera ke Jawa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News