Sarden Bercacing, BPOM Jambi Sita Ribuan Kemasan Sarden

Sarden Bercacing, BPOM Jambi Sita Ribuan Kemasan Sarden
Petugas BPOM Jambi tengah memeriksa isi kemasan sarden. Foto: Jambi Ekspres/JPG

jpnn.com, JAMBI - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi meminta masyarakat untuk hati-hati jika ingin membeli makanan kaleng sarden.

Pasalnya, BPOM Provinsi Jambi menemukan tiga merek sarden bercacing di dalamnya.

Bahkan, BPOM sudah mengamankan puluhan ribu kaleng sarden tersebut.

Kepala BPOM Provinsi Jambi, Ujang Supriatna mengatakan, tim BPOM sudah melakukan penulusuran di 62 outlet di enam Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi. Hasilnya, ada ditemukan sarden yang tercemar cacing.

Dari outlet yang didatangi, di seluruh kabupaten /kota di Jambi. Ada 2 outlet yang diketahui menyimpan sarden ber cacing. Outlet tersebut berada di Kota Jambi dan Kabupaten Batang Hari.

Secara pasti, Ujang enggan menyebutkan outlet mana yang kedapatan menyimpan sarden tersebut. Ia hanya mengatakan pengaman ini merupakan lanjutan dari arahan BPOM RI.

‘‘Total yang Kita amankan sebanyak 62.192 kaleng sarden yang berisi cacing, 1 di Kabupaten Batanghari dan sisanya di Kota Jambi,’‘ katanya.

Dari penemuan tersebut, di Jambi hanya terdapat 2 merek, yakni merek HOKI yang ditemukan di salah satu distributor di Kota Jambi, dan merk Farmerjack yang ditemukan di Batang Hari.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi meminta masyarakat untuk hati-hati jika ingin membeli makanan kaleng sarden.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News