Sasar UMKM, Bea Cukai Gelar Kelas Ekspor di Jawa Barat

Sasar UMKM, Bea Cukai Gelar Kelas Ekspor di Jawa Barat
Bea Cukai menggelar kelas ekspor kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bandung dan Cianjur. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai menggelar kelas ekspor kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bandung dan Cianjur.

Kelas ekspor ini merupakan bentuk dukungan dan pembinaan kepada UMKM untuk dapat meningkatkan kualitas produk dan daya saing perusahaan.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Ecep Dudi Ginanjar mengatakan bahwa pelaksanaan kelas ekspor di dua wilayah itu dilaksanakan bekerja sama dengan berbagai pihak.

“Kami bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat, instansi Kemenkeu lainnya, pihak perbankan, hingga PT Pos Indonesia," ungkap dia.

Kanwil Bea Cukai Jawa Barat bekerja sama dengan Bank Indonesia dan Balai Diklat Keuangan Cimahi sukses mengadakan kegiatan “Kelas Ekspor UMKM 2023” yang diselenggarakan pada 20-23 Juni 2023 lalu.

Dilaksanakan di Cianjur, kegiatan tersebut diikuti oleh 28 UMKM di wilayah Jawa Barat yang merupakan gabungan UMKM binaan Kanwil Bea Cukai Jabar, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar, serta Kanwil DJP Jabar I.

Encep menambahkan, dalam kegiatan tersebut UMKM diberikan pembekalan materi yang komprehensif terkait panduan dan strategi dalam rangka mendorong UMKM untuk naik kelas (ekspor).

“Jadi, para UMKM kami berikan materi tentang pembiayaan ekspor, tata niaga ekspor, pemberian insentif fiskal, hingga strategi penyiapan logistik dan penyusunan kontrak dagang,” kata dia.

Bea Cukai menggelar kelas ekspor kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bandung dan Cianjur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News