Satelit Nano Pertama Indonesia Sukses Masuk ke Lingkaran Orbit Luar Angkasa

Satelit Nano Pertama Indonesia Sukses Masuk ke Lingkaran Orbit Luar Angkasa
Keberhasilan pelepasan SS-1 dari Stasiun Luar Angkasa Internasional ini juga disaksikan langsung oleh pihak-pihak yang terlibat di Auditorium Sumitro Djojohadikusumo, Kantor BRIN, Jakarta, Jumat (6/1). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Surya Satelit-1 (SS-1), satelit nano pertama Indonesia, sukses masuk ke dalam lingkaran orbit luar angkasa dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kesuksesan SS-1 yang pengembangannya didukung penuh oleh PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) itu menjadi sejarah bagi industri satelit nasional karena merupakan satelit nano pertama buatan anak muda Indonesia di dalam negeri yang mengangkasa ke lingkaran orbit.

Keberhasilan SS-1 ini ditargetkan dapat meningkatkan pengembangan dan pemanfaatan satelit komunikasi di Indonesia.

Potensi itu karena SS-1 dapat diakses secara umum untuk kepentingan yang bersifat non komersial dan pengembangan ilmu pengetahuan keantariksaan yang lebih inklusif.

CEO PSN Adi Rahman Adiwoso mengatakan, kesuksesan SS-1 ini bisa menjadi titik balik dalam pengembangan industri satelit nasional.

Harapannya, Indonesia bisa semakin mengurangi ketergantungan pengembangan teknologi satelit dengan negara lain.

Pengembangan satelit ini menjadi sektor vital dalam meningkatkan efisiensi konektivitas di Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

“Keberhasilan ini juga tentu saja bisa menjadi salah satu pencapaian penting dalam industri satelit di Indonesia. Kami mendukung penuh pengembangan satelit nano SS-1 ini karena bisa menjadi proyek percontohan dalam mendorong kemandirian industri satelit nasional, demi meningkatkan infrastruktur strategis berbasis satelit yang lebih canggih dan efisien di Indonesia. PSN memiliki visi agar teknologi satelit ini menjadi lebih inklusif dan bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat,” ujar Adi Rahman Adiwoso.

Surya Satelit-1 (SS-1), satelit nano pertama Indonesia, sukses masuk ke dalam lingkaran orbit luar angkasa dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News