Satgas Covid-19 dan Duta Perubahan Perilaku Mulai Mengantisipasi Klaster Pilkada

Satgas Covid-19 dan Duta Perubahan Perilaku Mulai Mengantisipasi Klaster Pilkada
Ilustrasi Pilkada 2020. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah

jpnn.com, BALI - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Bali menggandeng 1.000 sukarelawan Duta Perubahan Perilaku untuk mengantisipasi kemunculan klaster pilkada.

"Mereka yang tergabung dalam Duta Perubahan Perilaku ini rutin menyosialisasikan terkait protokol kesehatan 3M," kata Sekretaris Satgas COVID-19 Provinsi Bali I Made Rentin di Denpasar, Sabtu (28/11).

Rentin pun mengemukakan betapa pentingnya Pesan Ibu 3M dalam pencegahan penyebaran COVID-19 yakni memakai masker kapan pun dan di mana pun berada, mencuci tangan setiap saat dengan menggunakan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak dengan orang lain.

"Para sukarelawan itu merupakan bagian dari Satgas Penanganan COVID-19, karena dalam struktur juga ada Koordinator Satgas Bidang Perubahan dan Koordinator Satgas Bidang Relawan," ucap birokrat yang juga Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali itu.

Sebelumnya 1.000 sukarelawan tersebut yang terdiri dari 28 organisasi relawan di Bali dan 12 instansi dari unsur TNI, Polri serta masyarakat telah mendapatkan pelatihan terkait protokol kesehatan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Di samping itu, para relawan juga telah diajarkan tentang aplikasi inaRISK dari BNPB yang berfungsi untuk mengetahui berbagai kegiatan sukarelawan.

I Made Rentin mengingatkan betapa pentingnya Pesan Ibu 3M dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News