JPNN.com

Satgas Covid-19 Minta Daerah Alokasikan Dana Tangani Krisis Pandemi dan Bencana

Jumat, 22 Januari 2021 – 23:59 WIB
Satgas Covid-19 Minta Daerah Alokasikan Dana Tangani Krisis Pandemi dan Bencana - JPNN.com
Prof. Wiku Bakti Bawono Adisasmito. Foto: Komunikasi Kebencanaan BNPB/Lia Agustina

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan pemerintah daerah untuk mengalokasikan dana membuat posko-posko dalam masa bencana dan krisis pandemi. Satgas menyarankan pengadaan posko bagi daerah-daerah yang belum memilikinya, dan dapat dibuat mulai dari tingkat provinsi hingga ke tingkat kelurahan.

"Apabila memungkinkan, dibuat juga tingkat RT dan RW," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito di Gedung BNPB, Kamis (21/1).

Keberadaan posko daerah ini berperan penting sebagai pusat bantuan dan koordinasi dalam masa darurat. Melalui posko ini, penanggulangan pandemi Covid-19 dan bencana alam dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Karena diharapkan dalam posko ini adanya keterlibatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dinas kesehatan, Sat Pol PP, TNI, Polri, Kominfo, badan intelijen daerah dan relawan lainnya.

Terkait pandemi, posko dapat melakukan pemantauan dan apabila menemukan kejadian yang berpeluang terjadinya penularan, bisa membantu pemerintah daerah melakukan langkah-langkah pencegahan.

Lalu dalam hal kebencanaan, posko dapat menjadi pusat pengumpulan dan penyaluran bantuan.

"Selain itu, apabila di tengah keadaan darurat masyarakat memiliki kebutuhan tertentu, diharapkan mengunjungi posko yang ada. Bagi rekan-rekan media massa yang membutuhkan data di lapangan, juga diharapkan mengunjungi posko-posko di daerahnya," lanjut Wiku.

Dengan adanya posko-posko ini di tiap daerah mencerminkan usaha pemerintah daerah dan setiap lapisan masyarakat, mencerminkan upaya bahu membahu dalam menghadapi bencana. (tan/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...