Satgas Harap Perubahan Level PPKM Memotivasi Daerah Meningkatkan Penanganan

Satgas Harap Perubahan Level PPKM Memotivasi Daerah Meningkatkan Penanganan
Ilustrasi pengetatan selama PPKM Level 4. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 mengharapkan daerah termotivasi dengan skema levelisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Perubahan level suatu kabupaten atau kota harusnya menjadi motivasi daerah dalam melakukan penanganan Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito berharap bagi daerah yang turun level jangan berpuas diri dan tidak lengah karena penularan masih terjadi.

"Sedangkan bagi yang telah menunjukkan perkembangan yang baik, untuk tidak cepat berpuas diri melainkan konsisten melakukan pengendalian yang baik," kata Wiku di Graha BNPB, Selasa (10/8).

Melihat dari dinamika perubahan levelnya, bahwa terdapat 71 dari 128 kabupaten atau kota di wilayah Pulau Jawa-Bali yang berada di level 4. Sedangkan di wilayah non-Jawa-Bali terdapat 45 dari 386 kabupaten/kota.

Khusus Jawa-Bali sendiri dalam seminggu terakhir terdapat satu kabupaten/kota yang turun dari level 3 ke 2 dan 26 kabupaten/kota yang turun dari level 4 ke 3.

Sedangkan untuk wilayah non-Jawa-Bali dalam seminggu terakhir terdapat 6 kabupaten/kota yang turun dari level 3 ke 2 dan 28 kabupaten/kota yang turun dari level 4 ke 3.

"Ke depannya, pemerintah berharap hasil evaluasi mingguan ini dapat meningkatkan motivasi di setiap daerah. Untuk terus meningkatkan kualitas pengendalian Covid-19," kata Wiku. (tan/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Satgas Penanganan Covid-19 mengharapkan daerah termotivasi dengan skema levelisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News