Satgas MTF TNI Kontingen Garuda Gelar Pekan Psikologi Keangkatanlautan di Lebanon

Satgas MTF TNI Kontingen Garuda Gelar Pekan Psikologi Keangkatanlautan di Lebanon
Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh bersama personel MTF saat mengikuti pekan psikologi keangkatanlautan selama dua hari mulai, 1-2 Januari 2024 di Laut Mediterania dan Port of Beirut, Lebanon. Foto: Dispena;

jpnn.com, LEBANON - Menjelang akhir misi perdamaian dunia, Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL kembali menggelar pekan psikologi keangkatanlautan yang terangkum dalam dua tahap, harbour phase dan sea phase.

Kedua tahap tersebut berlangsung selama dua hari mulai tanggal 1-2 Januari 2024 di Laut Mediterania dan Port of Beirut, Lebanon.

Bertugas di kapal perang, identik dengan kondisi Isolated, Confined, Extreme (ICE) terlebih beroperasi di bawah bendera PBB yang berkarakter multinasional, menerapkan standar tinggi, jauh dari tanah air.

Selain itu, tempo operasi lama serta tantangan medan tugas yang kompleks dan dinamis. Hal ini membutuhkan berbagai inovasi dalam pembinaan personel.

Salah satunya melalui pekan psikologi keangkatanlautan secara berkala seperti yang dilaksanakan Perwira Psikologi Satgas Kapten Laut (KH) Dhimas Rezananta, S.Psi atas prakarsa Dansatgas.

Kegiatan ini didesain untuk memberikan reinforcement psikologis mengatasi Fatigue Seafarer, manajemen stres dan menangani kondisi ICE.

Dengan demikian,  setiap prajurit senantiasa memiliki morel dan kesiapsiagaan tinggi dalam menuntaskan misi yang diemban.

Adapun materi pokok harbor phase meliputi soft skill berupa manajemen stres dan komunikasi yang diperlukan dalam deteksi dan penanganan stres yang mungkin timbul setelah setahun bertugas.

Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL kembali menggelar pekan psikologi keangkatanlautan yang terangkum dalam dua tahap. Simak penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News