Satgas Sebut Masyarakat Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Asal...

Satgas Sebut Masyarakat Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Asal...
Perkembangan kasus Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 memprediksi virus Corona akan hidup berdampingan dengan masyarakat di berbagai negara belahan dunia.

Karena itu, Satgas Covid-19 menilai masyarakat Indonesia akan hidup berdampingan dengan virus Covid-19, sehingga modal utama ialah melakukan protokol kesehatan yang ketat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, masyarakat harus bersiap diri dalam masa transisi untuk hidup berdampingan dengan virus Corona.

Menurut dia, hal itu memang tidak mudah, tetapi bukan tidak mungkin, asal semua elemen masyarakat mau bekerja sama dan bertanggung jawab menjalankan protokol kesehatan di setiap aspek kehidupan. Termasuk dalam rumah, dalam perjalanan, atau beraktivitas di luar kediaman.

"Masyarakat perlu mengetahui bahwa sistem ini adalah modal kita untuk tetap hidup sehat dan produktif walaupun Covid-19 masih berdampingan dengan kita," katanya di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (26/8).

Dia juga mendorong setiap institusi maupun pengelola fasilitas publik perlu untuk melakukan pengawasan dan bertanggung jawab atas penerapan protokol kesehatan di tempatnya masing-masing.

Selain itu, dia mengingatkan selama virus tersebut masih berevolusi, maka masyarakat juga harus ikut berubah.

Yang artinya tindakan pencegahan seperti memakai masker dan menjaga jarak, di sisi lain pemerintah melakukan upaya vaksinasi orang sebanyak mungkin dan secepat mungkin.

Satgas Penanganan Covid-19 memprediksi virus Corona akan hidup berdampingan dengan masyarakat di berbagai negara belahan dunia. Karena itu, Satgas meminta masyarakat mengambil peran dan bertanggung jawab.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News