Satgas Ungkap Capaian Indonesia yang Melampaui Standar WHO

Satgas Ungkap Capaian Indonesia yang Melampaui Standar WHO
Prof Wiku Adisasmito. Foto: dok covid19goid

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan perkembangan angka pemeriksaan (testing) Covid-19 dalam setiap harinya mengalami penambahan.

Dalam hal angka testing, per pekan ketiga Juli 2021, Indonesia sudah empat kali melampaui standar yang ditargetkan WHO.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, untuk bisa melihat gambaran kondisi angka testing secara menyeluruh, harus dilihat secara mingguan yang juga direkomendasikan Badan Kesehatan Dunia atau WHO itu.

"Karena jika dilihat secara harian, akan sangat dinamis naik turunnya," kata Wiku di Graha BNPB, Kamis (22/7).

Wiku menjelaskan, ke depan, target nasional terkait testing menjunjung prinsip prioritas, yaitu mendahulukan suspect dan kontak erat dari kasus terkonfirmasi.

Hal ini bertujuan untuk menurunkan angka positivity rate nasional yang sampai minggu ketiga Juli mencapai 28,27 persen. Untuk itu, baik metode PCR dan rapid test antigen terus dioptimalkan dalam kondisi ini.

Sementara, untuk waktu pencapaian target diharapkan tercapai secepatnya. Demi merealisasikannya, pemerintah pusat berkomitmen mendukung pemda dalam mencapai target testing, tracing, dan treatment (3T).

Karena itu, Wiku menyatakan harus ada kerja sama setiap daerah untuk mencapai rasio target testing yang spesifik di tiap daerah berdasarkan angka positivity rate masing-masing kabupaten kota.

Satgas Penanganan Covid-19 mengeklaim perkembangan angka pemeriksaan (testing) Covid-19 dalam setiap harinya mengalami penambahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News