Satgas Ungkap Penanganan Covid-19 di Indonesia dengan Sejumlah Negara

Satgas Ungkap Penanganan Covid-19 di Indonesia dengan Sejumlah Negara
Tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan meski terjadi penurunan kasus Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 memaparkan data penanggulangan pandemi Indonesia. Indonesia dinilai lebih baik dalam hal penanganan Covid-19 dibandingkan dengan sejumlah negara.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan Indonesia terbilang cukup baik dalam mengatasi lonjakan kedua pandemi pada Juli lalu.

Terbukti dengan terus menurunnya kasus yang minggu ini telah berlangsung selama sebelas minggu berturut-turut.

Serta sejumlah kebijakan yang diterapkan pemerintah berhasil menekan kasus dalam lonjakan kedua yang berlangsung dalam kurun waktu dua bulan.

“Kecepatan dan ketepatan penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh sebuah negara mengindikasikan ketahanan sistem kesehatannya, serta kemampuan adaptasi seluruh lapisan masyarakatnya terhadap permasalahan kesehatan,” kata Wiku dalam konferensi pers bertajuk Penanganan Covid-19 di Indonesia per 7 Oktober 2021, pada Kamis (7/10).

Meski begitu, Wiku mengatakan kasus yang terkendali saat ini bukan alasan bagi pemerintah dan masyarakat untuk lengah.

Dia menilai semua pihak harus waspqda agar terhindar dari lonjakan ketiga akibat aktivitas masyarakat yang berangsur normal.

Untuk mencegahnya, Indonesia terus belajar dari pengalaman keberhasilan penanganan beberapa negara yang secara cepat mengatasi lonjakan kedua dan ketiga, seperti India, Jepang, Vitnam dan Turki.

Satgas Penanganan Covid-19 memaparkan data penanggulangan pandemi Indonesia. Indonesia dinilai lebih baik India dan Turki.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News