Satu Abad PSHT Dimeriahkan Kirab Budaya Nusantara

Satu Abad PSHT Dimeriahkan Kirab Budaya Nusantara
Ketua Umum PSHT Moerdjoko HW bersama pengurus pusat PSHT sekaligus Anggota DPR Didik Mukrianto saat melakukan atraksi silat di Sabang, Rabu (1/6). Foto: source for JPNN

jpnn.com, SABANG - Peringatan satu abad berdirinya organisasi pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) pada 2 September mendatang dimeriahkan serangkaian kegiatan yang berlangsung dari Sabang sampai Merauke.

Rangkaian kegiatan itu dimulai pada peringatan Hari Lahir Pancasila, Rabu (1/6) dengan mengadakan Kirab Budaya Nusantara yang berlangsung serentak di seluruh Indonesia.

Di Sabang, Aceh, Ketua Umum PSHT Moerdjoko HW dan sejumlah pengurus pusat melakukan atraksi silat untuk menghibur para wisatawan yang ada di kawasan nol kilometer itu.

Moerdjoko mengatakan dalam menyambut hajatan besar PSHT, berbagai kegiatan akan berlangsung secara beriringan di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, bahkan di luar negeri.

"Hari ini, 1 Juni 2022 kami melakukan Kirab Budaya Nusantara yang diawali dengan pengambilan tanah dan air di tiap cabang (kabupaten/kota) yang dilakukan secara serentak, dan akan disatukan di Padepokan Agung Madiun," kata Moerdjoko, di Sabang.

Pengambilan tanah dan air di Sabang dipimpin langsung oleh Moerdjoko bersama Dewan Pusat PSHT Harsono dan pengurus pusat Didik Mukrianto bersama anggota organisasi yang didirikan Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada 1922 itu.

"Kami bersama-sama dengan warga PSHT yang ada di Sabang melakukan prosesi pengambilan tanah dan air dari wilayah paling barat Indonesia, sedangkan di wilayah paling timur di Merauke, dilakukan oleh Ketua Dewan Pusat Mas Issubiantoro," kata Moerdjoko.

Penyatuan tanah dan air dari seluruh wilayah Indonesia pada puncak peringatan satu abad PSHT nanti, bertujuan untuk terus mengingat pentingnya persatuan dalam kebinekaan.

Peringatan satu abad Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dimeriahkan Kirab Budaya Nusantara serentak di Sabang hingga Merauke.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News