Satu Lagi Tol Beroperasi, Jokowi: Kuncinya Sudah Ketemu

Satu Lagi Tol Beroperasi, Jokowi: Kuncinya Sudah Ketemu
Presiden Joko Widodo saat meresmikan seksi III Bawen-Salatiga jalan tol Semarang-Solo. Foto: setpres

jpnn.com, SALATIGA - Presiden Joko Widodo kembali meresmikan beroperasinya proyek pembangunan jalan tol. Kali ini adalah jalan bebas hambatan Semarang - Solo seksi III ruas Bawen - Salatiga sepanjang 17,6 km.

Peresmian tersebut menambah daftar panjang jalan tol yang telah berhasil dibangun oleh pemerintah. "Dengan mengucap bismillahirohmanirohim, saya resmikan seksi III Bawen-Salatiga jalan tol Semarang-Solo," ucap Presiden, di Salatiga, Jawa Tengah pada Senin (25/9).

Jokowi -sapaan Presiden- teringat ketika tiga tahun lalu mendapatkan informasi dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono bahwa jalan tol di seluruh Indonesia saat itu hanya 780 kilometer. Dia pun langsung berdiskusi dengan jajaran terkait mengenai target lima tahun ke depan.

"Saya ingat saat itu tiga tahun yang lalu saya sampaikan ke menteri PU yang terkait juga dengan menteri BUMN, saya hitung lima tahun target kita sementara 1.200 (km). Itu lima tahun ya,” jelas mantan wali kota Surakata.

Target tersebut bukanlah tanpa alasan, karena Presiden telah menelusuri penyebab lambatnya pembangunan jalan tol selama ini, yakni pembebasan lahan.

“Sekarang kunci itu sudah kita lihat. Kuncinya sudah ketemu. Kalau konstruksi, ternyata kita tidak kalah, asal tanahnya sudah bebas,” ungkap dia.

Jokowi pun meyakini jika masalah utama pembangunan jalan tol sudah teratasi, maka target 1.800 kilometer pada tahun 2019 bukan hanya sebatas impian.

“Tadi saya tanya bisik-bisik ‘Pak Menteri perkiraan 2019 dapat tambahan berapa kilo (meter)?’ Tadi dihitung dapatnya kurang lebih nanti 1.800 kilometer. Artinya sebetulnya kita ngebut itu juga bisa,” kata suami Iriana.

Presiden Joko Widodo kembali meresmikan beroperasinya proyek pembangunan jalan tol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News