Satu Paslon Dicoret, Pilkada Simalungun Tetap Berjalan

Satu Paslon Dicoret, Pilkada Simalungun Tetap Berjalan
Mendagri Tjahjo Kumolo. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - BOGOR – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan pilkada di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tetap berjalan meski ada pasangan calon yang dicoret. Pasangan yang dicoret KPU adalah JR. Saragih dan Amran Sinaga.

“Enggak ada masalah, tidak ditunda. Tetap jalan pilkada-nya,” ujar Tjahjo usai Rapat Kabinet Paripurna dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Bogor, Selasa (8/12).

Tjahjo juga tidak mengkhawatirkan adanya potensi kerusuhan akibat pencoretan nama pasangan tersebut. Meski, Minggu lalu pendukung pasangan itu sudah mengepung kantor KPU Simalungun.

“Tidak (khawatir). Presiden juga sudah meminta Polri, TNI, BIN untuk deteksi dini,” katanya.

Sebagaimana diberitakan, pembatalan itu adalah tindak lanjut dari putusan Mahkamah Agung RI yang menjatuhkan hukuman 4 tahun penjara kepada Amran Sinaga, mantan Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Simalungun. Itu adalah putusan atas kasasi yang dilakukan jaksa penuntut umum di Kejaksaan Negeri Simalungun.

Awalnya jaksa menuntut hukuman 5 tahun penjara pada Amran. Namun, hakim Pengadilan Negeri Simalungun memberikan vonis bebas untuk Amran. Sehingga diajukan lagi kasasi oleh jaksa.(flo/jpnn)


BOGOR – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan pilkada di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tetap berjalan meski


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News