Satu-satunya Sasana yang Aktif Tapi Selalu Cetak Atlet Tinju Berkualitas

Satu-satunya Sasana yang Aktif Tapi Selalu Cetak Atlet Tinju Berkualitas
Petinju cilik di Batam, Kepulauan Riau sedang latihan. Foto: Batam Pos/jpg

jpnn.com - BATAM - Kepulauan Riau memiliki empat sasana tinju yang tersebar di kabupaten/kota. Masing-masing di Natuna, Karimun, Tanjungpinang dan Batam. Namun yang aktif hanya di Batam, yaitu sasana tinju Wira Boxing, Tiban.

"Sebenarnya di tiap kabupaten/kota ada pengurusnya, namun karena tidak ada atletnya, jadinya kondisinya seperti ini," ujar pelatih tinju sasana tinju Wira Boxing, Pilo Antoni seperti diberitakan Batam Pos (Jawa Pos Group), hari ini (31/7).

"Bila ada banyak sasana, kita juga senang karena banyak seleksi, sehingga ada persaingan untuk menjadi atlet tinju kebanggaan Kepri," ungkap Pilo.

Di sasana Wira Boxing sendiri hanya ada 17 atlet yang aktif. Pilo mengakui kesulitan mendapatkan atlet-atlet tinju. Orangtua mempunyai peran cukup besar dalam hal ini. Rata-rata orangtua yang mendaftarkan anaknya untuk berlatih tinju atau ingin menjadi atlet tinju adalah dari golongan tidak mampu. 

"Mana ada keluarga yang berkecukupan mau anaknya bonyok dipukuli," kata Pilo.

Menurutnya, tinju merupakan olahraga yang berat, jadi kebanyakan orangtua tidak mau. Paling banter tiap tahun, hanya ada tiga anak yang mendaftar di sasana Wira Boxing. 

"Harus ada pendekatan ke orangtua dulu supaya mereka paham," ucap Pilo. Bila ada atlet yang potensial, sasana tinju Wira Boxing langsung menggaet anak tersebut untuk dijadikan atlet tinju. "Tak tanggung-tanggung, kita sekolahkan juga, makan dan tidur juga kita tampung," tukas Pilo. 

Sekarang tinju Kepri otomatis mengandalkan sasana tinju Wira Boxing untuk mencetak petinju-petinju yang berpotensi mengharumkan nama baik Kepri. (cr16/ray/jpnn)


BATAM - Kepulauan Riau memiliki empat sasana tinju yang tersebar di kabupaten/kota. Masing-masing di Natuna, Karimun, Tanjungpinang dan Batam. Namun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News