Saudi Janjikan Bantuan Rp 26 T untuk Yaman

Saudi Janjikan Bantuan Rp 26 T untuk Yaman
Korban perang di Yaman. Foto: AFP

jpnn.com, RIYADH - Setelah membombardir Yaman hingga hancur lebur, Arab Saudi kini bersiap memberikan suntikan dana sebesar USD 2 miliar dolar (Rp 26,68 triliun) untuk bank sentral negara tetangganya itu. Langkah ini bertujuan menopang mata uang Yaman agar terhindar dari depresiasi.

Dimuat Al Jazeera pekan ini, keputusan itu datang setelah pemerintah Yaman meminta bantuan Riyadh. Dana itu nantinya akan disimpan di bank sentral Yaman (CBY).

"Karena nilai riyal (Yaman) naik, kondisi kehidupan warga Yaman akan berubah menjadi lebih baik," begitu pernyataan yang dikeluarkan pemerintah Saudi.

Saudi sebenarnya sudah menjanjikan suntikan dana tersebut sejak November tahun lalu. Namun, sampai sekarang pun belum jelas kapan pastinya suntikan dana itu akan diberikan.

Seperti diketahui, selama tiga tahun terakhir Saudi memimpin koalisi militer untuk membantu pemerintah Yaman melawan pemberontak Houti.

Koalisi tersebut melancarkan kampanye pengeboman yang berperan besar menyebabkan krisis kemanusiaan di Yaman. (mel/rmol)


Setelah membombardir Yaman hingga hancur lebur, Arab Saudi kini bersiap memberikan suntikan dana sebesar Rp 26 triliun untuk Yaman


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News