Sawah Kering, Ratusan Warga Shalat Istiqa

Sawah Kering, Ratusan Warga Shalat Istiqa
Sawah Kering, Ratusan Warga Shalat Istiqa

jpnn.com - ACEH BESAR - Ratusan warga Lamreh Kecamatan Darusalam, Kabupaten Aceh Besar menggelar shalat istiqa atau minta hujan, kemarin (3/8).

Shalat berlangsung di persawahan desa tersebut, diikuti orang dewasa, dan juga anak-anak.

Hamzah, warga setempat, mengungkapkan kepada Rakyat Aceh (Grup JPNN), shalat istiqa ini dilakukan untuk meminta hujan kepada Allah SWT guna mengairi lahan persawahan masyarakat.

"Sejak berapa bulan terakhir hujan tidak turun. Padahal, sekarang sudah musim tanam padi, sehingga mayoritas masyarakat di Kemukiman ini belum bisa turun ke sawah. Bibit yang ditanam petani sudah meninggi," kata dia.

Sebelum melaksanakan shalat istiqa, dia  mengatakan, masyarakat di kecamatan tersebut melakukan puasa selama empat hari. Puasa merupakan syarat sebelum melaksanakan shalat minta hujan.

"Sekira 80 persen masyarakat di Kawasan tersebut merupakan petani sawah tadah hujan. Kalau tidak ada hujan, petani di tempat ini tidak bisa berbuat apa-apa. Karena itu, kami meminta hujan dengan shalat istiqa," katanya.

 Sebelumnya shalat istiqa minta hujan pernah dilakukan masyarakat Aceh Besar sekitar tiga bulan lalu, dan tak lama kemudian hujan turun. (mag-53)


ACEH BESAR - Ratusan warga Lamreh Kecamatan Darusalam, Kabupaten Aceh Besar menggelar shalat istiqa atau minta hujan, kemarin (3/8). Shalat berlangsung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News