SBM PTN Dimulai, SNM PTN Daftar Ulang

SBM PTN Dimulai, SNM PTN Daftar Ulang
Ilustrasi. FOTO:dok/JAWAPOS

jpnn.com - HARI ini menjadi momen penting bagi para lulusan SMA sederajat yang berniat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN). Sebagian akan menjalani seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN). Sebagian lainnya yang diterima lewat seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) diminta menjalani daftar ulang. 

Panitia pusat SNM PTN dan SBM PTN Ismaini Zain mengatakan, panitia sengaja menetapkan hari yang sama untuk ujian SBM PTN dan daftar ulang SNM PTN.

Tujuannya, siswa yang diterima SNM PTN tidak mencoba peruntungan dengan ikut tes SBM PTN. Dengan demikian, kuota untuk jalur SBM PTN tidak diisi mereka yang sudah diterima SNM PTN. ''Kami berupaya semua siswa mendapat kesempatan,'' ujarnya. 

Daftar ulang di PTN Surabaya dilakukan dengan cara berbeda-beda. Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), semua calon mahasiswa jalur SNM PTN harus berkumpul di Grha ITS pukul 07.00. Termasuk yang diterima lewat jalur bidikmisi. Semuanya wajib datang tepat waktu untuk menghindari kecurigaan panitia bahwa siswa tetap ikut SBM PTN. ''Tahun lalu ada yang begitu. Tapi, sistem kami bisa mendeteksi itu. Intinya jangan coba-coba membunuh kesempatan siswa lain,'' tegasnya. 

Menurut Ismaini, para calon mahasiswa itu akan mendapatkan pengarahan dari rektor ITS, aneka hiburan unit kegiatan mahasiswa, dan lainnya. Daftar ulang dimulai pukul 09.30. Semua siswa diverifikasi secara online dengan menyertakan bukti fisik. Proses verifikasi rapor, kesehatan, dan UKT dilakukan seminggu sebelumnya. 

Semua itu paling cepat selesai sekitar pukul 11.00. Saat itu, yang ikut SBM PTN masuk tes kemampuan dasar dan potensi akademik (TKPA). 

Unair juga mewajibkan semua calon mahasiswa daftar ulang hari ini. Namun, mereka memberikan perkecualian kepada 28 peserta karena sedang mengikuti kompetisi olahraga mewakili daerah atau bangsa. Ada yang ikut SEA Games di Singapura dan porprov (pekan olahraga provinsi) di Banyuwangi. "Yang penting, ada izin jelas," ungkap Wakil Rektor 1 Unair Prof Syahrani. Peserta itu mengirimkan izin dengan menggunakan kop surat dari KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia).

Selain di Unair, ada sekitar 15 calon mahasiswa SNM PTN di Unesa yang tidak bisa hadir saat daftar ulang hari ini. Alasannya sama dengan yang di Unair. Wakil Rektor 1 Unesa Yuni Sri Rahayu menjelaskan, sebagian besar peserta tersebut adalah calon mahasiswa fakultas ilmu keolahragaan (FIK). 

HARI ini menjadi momen penting bagi para lulusan SMA sederajat yang berniat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN). Sebagian akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News