SBY Anggap Penyadapan Australia tak Wajar

SBY Anggap Penyadapan Australia tak Wajar
SBY Anggap Penyadapan Australia tak Wajar

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya angkat bicara secara resmi soal aksi penyadapan yang dilakukan oleh pihak intelijen Australia padanya dan sejumlah pejabat negara. Presiden mengaku ia sendiri tidak paham, sebagai negara sahabat Australia berani melakukan penyadapan.

"Saya sulit untuk pahami kenapa harus dilakukan penyadapan oleh intelijen Australia sekarang bukan era perang dingin. Saya tidak paham mengapa bisa ada penyadapan," ujar Presiden dalam jumpa pers di kantornya, kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu, (20/11).

Presiden menyatakan penyadapan wajar dilakukan jika terjadi perang dingin antarbeberapa negara. Itu pun sudah terjadi puluhan tahun lalu. Sedangkan, saat ini tidak ada perang dingin. Hubungan negara Indonesia dan Australia pun, lanjutnya, tidak sedang dalam keadaan perang. Justru kedua negara bersahabat erat baik masyarakat maupun pemerintahannya. Oleh karena itu, lagi-lagi Presiden mempertanyakan tujuan penyadapan itu.

"Kita tidak sedang bermusuhan. Penyadapan ini melanggar aturan hubungan internasional dan melanggar hak asasi manusia," tandas Presiden. (flo/jpnn)


JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya angkat bicara secara resmi soal aksi penyadapan yang dilakukan oleh pihak intelijen Australia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News