Sabtu, 24 Agustus 2019 – 07:07 WIB

SBY Bersalaman dengan Megawati Lagi Bukti Kepiawaian Jokowi

Sabtu, 19 Agustus 2017 – 16:16 WIB
SBY Bersalaman dengan Megawati Lagi Bukti Kepiawaian Jokowi - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pertemuan Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri dan penerusnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada momen peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8) masih jadi perbincangan hangat. Sebab, momen itu langka di tengah dinginnya hubungan antara dua ketua umum partai politik itu.

Dalam analisis pengamat politik Ramses Lalongkoe, pertemuan antara SBY dengan Megawati tak lepas dari kepiawaian Presiden Joko Widodo. Ramses menyebut presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu merupakan mediator ulung.

"Dari sisi politik memang ini semacam sebuah pertunjukan yang menarik untuk publik indonesia. Jokowi dianggap tokoh yang mampu merekatkan hubungan silaturahmi antara SBY dan Mega," ujar Ramses kepada JPNN, Sabtu (19/8).

Direktur eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia (LAPI) itu menilai pertemuan SBY dengan Megawati menjadi nilai lebih bagi Jokowi. Ramses menyebut publik makin percaya pada kepiawaian mantan wali kota Surakarta.

"Tentunya membawa dampak positif terhadap tingkat kepercayaan publik. Presiden bisa dinilai sebagai sosok yang bijak dan rendah hati menghadapi tokoh-tokoh yang selama ini kerap saling mengkritik seperti SBY," ucapnya.

Dosen di Universitas Mercu Buana itu menambahkan, keberhasilan Presiden Jokowi mempertemukan Mega dengan SBY juga bisa berpengaruh terhadap masyarakat yang selama ini mendukung Ketua Umum DPP Partai Demokrat tersebut.

"Saya kira bisa saja pendukung SBY memberikan dukungannya terhadap Jokowi (pada Pilpres 2019, red)," pungkas Ramses.(gir/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar