SBY Diminta Kembalikan Kemdiknas ke Jalurnya

SBY Diminta Kembalikan Kemdiknas ke Jalurnya
SBY Diminta Kembalikan Kemdiknas ke Jalurnya
JAKARTA - Pengamat pendidikan Abdul Zein mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak membiarkan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) berjalan dengan sendirinya tanpa mempertimbangkan kebutuhan nasional terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia.

"Presiden SBY mestinya mengembalikan Kementerian Pendidikan Nasional ke jalurnya sebagai salah satu penghasil sumberdaya manusia yang dibutuhkan bangsa dan negara ini," kata Abdul Zein di gedung DPD, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (13/7).

Menurut dosen Universitas Paramadina Jakarta itu, Kemdiknas akhir-akhir ini terlalu fokus melayani kebutuhan sumberdaya manusia negara-negara industri manufacturing dan gagal dalam memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia dalam negeri yang bercorak agraris.

Jika kecenderungan produk perguruan tinggi Indonesia ini terlalu berorientasi kepada pemenuhan tenaga kerja luar negeri, lanjutnya, maka besarnya anggaran pendidikan APBN sepenuhnya tidak mendatangkan manfaat bagi bangsa dan negara ini. "Artinya, besarnya anggaran itu pada akhirnya hanya akan dinikmati oleh asing karena mereka dengan mudah dan murah dapat merekrut lulusan perguruan tinggi Indonesia untuk dipekerjakannya diberbagai industri yang mereka bangun di negaranya," kata Abdul Zein.

JAKARTA - Pengamat pendidikan Abdul Zein mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak membiarkan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News