SBY Dipastikan Tak Hadiri Peringatan Kelahiran Pancasila 1 Juni

SBY Dipastikan Tak Hadiri Peringatan Kelahiran Pancasila 1 Juni
SBY Dipastikan Tak Hadiri Peringatan Kelahiran Pancasila 1 Juni
JAKARTA – Peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni mendatang di gedung MPR RI, Jakarta, dipastikan tanpa kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sebagai gantinya, Presiden mengutus Wapres Boediono untuk menghadirinya.

Menteri Koodinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukkam) Djoko Suyanto, bersama Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi, Jumat (4/5), menghadap Ketua MPR Taufik Kiemas guna menyampaikan ketidakhadiran presiden pada acara kenegaraan itu. Menurut Djoko, pada tanggal 31 Mei 2012 nanti Presiden SBY sudah dijadwalkan untuk berbicara di World Economic Forum di Thailand. Sedangkan, pada 1 Juni 2012, Presiden juga akan menghadiri  Shangri-La Dialogue (SLD) di Singapura.

“Jadi, pidato peringatan hari pancasila 1 Juni didelegasikan kepada Wakil Presiden,” ujar Djoko kepada wartawan, Jumat (4/5), usai bertemu Kiemas.  “Selebihnya kita hanya berbicara yang ringan-ringan saja,” timpal Djoko saat ditanya tentang isi pembicaraan dengan Ketua MPR.  

              

Seperti diketahui,  baru sejak 2010 hari lahirnya Pancasila diperingati setiap 1 Juni. Peringatan hari lahir Pancasila pada 1 Juni itu mengacu pada pidato Presiden Soekarno tentang dasar negara Pancasila di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Juni 1945.

JAKARTA – Peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni mendatang di gedung MPR RI, Jakarta, dipastikan tanpa kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News