SBY Lebih Suka Pilkada Langsung

SBY Lebih Suka Pilkada Langsung
SBY Lebih Suka Pilkada Langsung
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) angkat bicara soal polemik pemilihan kepala daerah secara langsung atau kembali dipilih DPRD. Menurut SBY, pemilihan kepala daerah secara langsung masih merupakan pilihan terbaik.

Hal itu disampaikan Presiden dalam rapat terbatas di Istana Presiden Jakarta, Rabu (28/7). “Banyak pandangan dan pendapat tentang pemilihan kepala daerah secara langsung. Ada yang mengatakan untuk mencegah ekses yang tinggi (agar) tidak dipilih secara langsung. Tetapi kalau harus memilih, pemilihan pejabat publik secara langsung adalah yang terbaik,” kata SBY.

Jendral asal Pacitan, Jawa Timur  itu menambahkan, meski ada kisruh di sejumlah daerah, namun polemik itu masih dalam batas kewajaran. “Pemilihan kepala daerah masih menjadi isu dan bahan diskusi belakangan. Memang banyak plus minusnya. Beragam pandangan dilontarkan. Tapi itulah uniknya perpolitikan di daerah. Kita menyarankan berdemokrasilah secara santun,” paparnya.

Kenapa lebih baik pemilihan langsung? “Masyarakat di daerah lebih tahu persis siapa calon pemimpin mereka. Track record seseorang calon pemimpin bisa dipertanggungjawabkan. Saya kira meski ada sisi negatifnya, pasti sisi positifnya akan lebih besar,” ulasnya.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) angkat bicara soal polemik pemilihan kepala daerah secara langsung atau kembali dipilih DPRD. Menurut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News