SBY Nonton, Densus Ikut Amankan

SBY Nonton, Densus Ikut Amankan
Suporter Timnas Indonesia. Foto: Charlie L/Dok.JPPhoto
JAKARTA -- Laga kedua semifinal Piala AFF 2010 antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, nanti malam (19/12) kembali bakal ditonton Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Karena itu, penjagaan di sekitar stadion benar-benar dimaksimalkan. Tak tanggung-tanggung, Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri ikut bertugas.

"Tidak ada ancaman (teror), tapi disiagakan penuh," ujar seorang perwira polisi yang bertugas di lapangan kepada Jawa Pos kemarin (18/12). Dia menyebutkan, Korps Burung Hantu berkoordinasi dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) untuk memastikan keamanan SBY dan rombongan. Salah satu alasan Densus ikut berjaga adalah kelompok-kelompok teroris di Indonesia mempunyai koneksi dengan jaringan militan di Filipina Selatan yang selama ini berseberangan dengan pemerintah di sana.

"Kami hanya mengantisipasi. Sebab, teror dalam momentum seperti ini sangat berbahaya. Nilainya strategis bagi kelompok-kelompok itu. Istilahnya, sekali melempar batu, dua sasaran kena," tutur perwira tersebut.

Karena itu, aparat tidak mau ambil risiko. Radius 50 meter sekitar presiden di SUGBK bakal steril dari para penonton yang tidak termasuk rombongan VIP. Pemeriksaan terhadap barang bawaan penonton juga akan dimaksimalkan. "Juga, ada rencana menurunkan polisi berkuda dan unit K-9 dari Direktorat Polisi Satwa Baharkam Mabes Polri," ujarnya.

JAKARTA -- Laga kedua semifinal Piala AFF 2010 antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, nanti malam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News