SBY Tentukan Pengisian Komisi

SBY Tentukan Pengisian Komisi
SBY Tentukan Pengisian Komisi
JAKARTA -- Hingga Selasa (6/10), seluruh fraksi yang ada di DPR belum menetapkan formasi pengisian para anggotanya yang akan duduk di komisi-komisi. Para anggota dewan hasil pemilu 2009 itu masih menunggu keputusan Dewan Pengurus Pusat (DPP) masing-masing partainya. Anggota Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi PDI Perjuangan menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinan partai mereka, mau ditempatkan di komisi berapa pun mereka siap. Namun, biasanya penempatan di komisi akan disesuaikan dengan latar belakang pendidikan dan pengalamannya.

Khusus anggota Fraksi Partai Demokrat, penentuannya langsung di tangan Ketua Dewan Pembina yakni Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum Demokrat Hadi Oetomo. "Jadi, mengenai penempatan di komisi, kami serahkan kepada ketua dewan pembina dan ketua umum," ujar anggota Fraksi Demokrat DPR, Ruhut Poltak Sitompul, kepada JPNN, Selasa (6/10).

Saat ditanya kapan keputusan mengenai penempatan anggota Fraksi Demokrat di komisi-komisi, Ruhut memperkirakan, pada Kamis (7/10) keputusannya sudah keluar. Apakah sudah dapat bocoran mau ditempatkan di komisi berapa? Ruhut menjawab, belum. "Kita tunggu saja keputusan bapak-bapak komandan kita di partai," kilahnya. Namun saat ditanya kemana dia berminat, pengacara senior itu dengan tegas menjawab, "Saya cocoknya di Komisi III."

Sementara, anggota Fraksi PDI Perjuangan Yassonna H Laoly juga senada dengan Ruhut. Dijelaskan anggota dewan terpilih dari dapil II Sumut itu, penempatan di komisi-komisi sepenuhnya menjadi kewenangan DPP PDI Perjuangan. Hanya saja, kebijakan yang akan dikeluarkan DPP setelah mendapat permohonan usulan dari masing-masing anggota fraksi.

JAKARTA -- Hingga Selasa (6/10), seluruh fraksi yang ada di DPR belum menetapkan formasi pengisian para anggotanya yang akan duduk di komisi-komisi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News