SD Hingga SMA Gratis

SD Hingga SMA Gratis
SD Hingga SMA Gratis

jpnn.com - BATU– Tekad Wali Kota Batu Eddy Rumpoko untuk meningkatkan kualitas pendidikan utamanya sekolah gratis, benar-benar diimbangi kucuran dana besar.

Hal itu terungkap dari RAPBD tahun 2014, pagu anggaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga tergolong paling tinggi dibanding seluruh SKPD lainnya, yakni, Rp154 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemkot Batu, Edi Murtono membenarkan besarnya pagu anggaran di dinas tersebut sesuai kebijakan wali kota.

Anggaran itu sendiri, sudah termasuk mendukung pendidikan gratis mulai tingkat SD hingga SMA maupun pemberian bea siswa kuliah bagi lulusan SMA berprestasi, serta peningkatan mutu guru.

“Dinas Pendidikan mendapatkan pagu anggaran besar, salah satunya untuk mendukung program sekolah gratis pada 2014. Pendidikan bisa gratis, bila biaya sekolah-sekolah mendapatkan dana dari APBD,” ungkap mantan Kabag Hukum Pemkot Batu, ini kepada Malang Post (Grup JPNN), kemarin.

Dia sendiri tidak hafal nilai persis anggaran untuk sekolah gratis itu, apalagi pagu anggaran juga masih dalam pembahasan Dinas Pendidikan, Timgar Pemkot dan Badan Anggaran DPRD.

Edi Murtono hanya menyebut kisaran anggaran khusus sekolah gratis, antara Rp 16 miliar sampai Rp 20 miliar dari Rp 154 miliar.  Mantan Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Batu, itu menyebut berapa kebutuhan sekolah yang ideal, juga sedang dihitung.

Selama ini biaya tersebut dibebankan kepada orangtua siswa, dan tahun depan dialihkan melalui pembiayaan APBD kota ini. Selain untuk sekolah gratis, pagu anggaran sebesar itu tersedot untuk pembayaran tunjangan profesi pendidikan (TPP) Rp 42 miliar, yang pada 2014 nanti jumlah guru yang lolos sertifikasi diperkirakan sebanyak 2.000 orang.

BATU– Tekad Wali Kota Batu Eddy Rumpoko untuk meningkatkan kualitas pendidikan utamanya sekolah gratis, benar-benar diimbangi kucuran dana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News