Seaplane Akhirnya Resmi Terbang ke Pulau Bawah

Seaplane Akhirnya Resmi Terbang ke Pulau Bawah
Seaplane Akhirnya Resmi Terbang ke Pulau Bawah. Foto: Kemenpar

jpnn.com, BATAM - Kabar baik datang dari Bandara Hang Nadim, Batam, Minggu (28/1). Setelah menunggu 1,5 tahun, Seaplane dipastikan mulai beroperasi dari Batam menuju Pulau Bawah Resort di Provinsi Kepulauan Riau.

Kepastian tersebut diungkapkan Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Indroyono Soesilo.

Seaplane Pesawat Amphibi jenis Viking Twin Otter-400 dengan kode pesawat DHC-400 membawa wisatawan ke Pulau Bawah Resort dari Bandara Hang Nadim

”Kami sangat bersyukur. Seaplane akhirnya beroperasi. Seaplane ini baru beroperasi bukan karena pesawat tidak siap, bukan juga karena pilotnya tidak mampu, bukan juga karena wismannya tidak ada. Namun, karena masalah perizinan. Akhirnya Seaplane pertama kali untuk berwisata sudah lahir di awal Januari 2018 ini. Alhamdulillah,” kata Indroyono.

Dia menambahkan, penerbangan tersebut harus ada sertifikat pesawat khusus dan mesti terregistrasi PK (Indonesia).

”Bukan itu saja. Pesawat ini bisa terbang juga karena pilotnya harus memilki izin khusus mendarat di darat dan di air. Bandara di air juga harus memenuhi persyaratan dan izin pihak-pihak yang kompeten dan terkait,” tambahnya.

Dia mengatakan, penerbangan Seaplane merupakan pengalaman pertama untuk semua kementerian karena menyangkut berbagai lini, termasuk asuransi wisatawan.

“Goal-nya dari pariwisata adalah Resort Pulau Bawah Kepulauan Riau ini kini sudah bisa didatangi wisatawan high-end tourists dari Eropa dan Rusia menuju Pulau Bawah Resort untuk tiga malam. Termasuk penerbangan Singapura menuju Batam-Pulau Bawah pulang pergi. Ini kabar gembira bagi pariwisata Indonesia,” kata Indroyono.

Setelah menunggu 1,5 tahun, Seaplane dipastikan mulai beroperasi dari Batam menuju Pulau Bawah Resort di Provinsi Kepulauan Riau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News