Sebagian Narapidana dan Tahanan Salat Iduladha dari Dalam Sel 

Sebagian Narapidana dan Tahanan Salat Iduladha dari Dalam Sel 
Tangkapan kamera pemantau (CCTV) di Rumah Tahanan Kelas II A Palu, saat pelaksanaan Shalat Idul Adha, Selasa (20/07). ANTARA/HO (Rutan Palu)

jpnn.com, PALU - Sejumlah narapidana dan tahanan yang berada di dalam Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Palu, Sulawesi Tengah, melaksanakan Salat Iduladha di halaman rutan, Selasa (20/7). Namun, karena adanya pembatasan maka sebagian narapidana dan tahanan menjalankan Salat Iduladha dari sel.

"Pelaksanaan Salat Iduladha pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena jemaah salat yang dibatasi sebagai langkah penerapan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19," kata Kepala Satuan Pengamanan Rutan Palu, Herdi, Selasa (20/7).

Meskipun dibatasi, tidak menghalangi niat para narapidana dan tahanan yang beragama Islam melaksanakan salat. Mereka memilih melaksanakan Salat Iduladha dari dalam maupun teras sel.

"Pelaksanaan Salat Iduladha  tahun ini seperti tahun sebelumnya berjalan dengan protokol kesehatan. Napi di dalam tidak kalah taatnya dengan yang di luar, karena jemaah salat dibatasi, mereka melaksanakan kegiatan salat di depan kamar," tutur Herdi.

Selain itu, jemaah Salat Iduladha yang terdiri dari petugas rutan, diwajibkan untuk memakai masker dan menjaga jarak. Herdi mengatakan, untuk tahanan yang baru dipindahkan dari Polres maupun Kejaksaan, saat ini masih melaksanakan isolasi mandiri, sehingga hanya dapat melaksanakan salat dari dalam sel.

“Iya, sesuai peraturan mereka harus isolasi mandiri dulu, tetapi bisa melaksanakan salat juga," tuturnya.

Pada perayaan Hari Raya Iduladha tahun ini, pihak Rutan Palu juga melakukan penyembelihan hewan kurban berupa dua ekor sapi, dan satu kambing, yang akan dibagikan kepada warga yang kurang mampu. "Satu sapi sumbangan langsung dari Bapak Gubernur, dan sisanya dari Rutan," helas Herdi.

Masih adanya pandemi Covid-19, membuat pihak Rutan Palu juga meniadakan kunjungan bagi para keluarga napi dan tahanan pada momen Lebaran tahun ini. Kunjungan tersebut diperbolehkan dengan melakukan video call.

Narapidana dan tahanan di Rutan Kelas II A Palu, Sulteng, melaksanakan Salat Iduladha di halaman rutan, tetapi karena adanya pembatasan sebagian memilih menjalankan ibadah dari dalam sel.