Sebaiknya Indonesia Contoh Penanganan Covid-19 di Negara Lain yang Telah Berhasil

Sebaiknya Indonesia Contoh Penanganan Covid-19 di Negara Lain yang Telah Berhasil
Ilustrasi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPD Fahira mengatakan jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah selama tujuh bulan terakhir, sejak pertama kali diumumkan Maret 2020.

Menurutnya, para pemangku kepentingan penanggulangan Covid-19 sudah bekerja keras dan melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan penyebaran virus ini.

Namun, dia menyatakan, harus diakui kecepatan penyebaran virus ini harus terus diimbangi terutama melalui peningkatan testing, tracing, treatment (3T) yang menjadi domain pemerintah dan praktik 3M (memakai masker, menjaga jarak minimal dua, dan mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir) yang menjadi kewajiban semua masyarakat.

Menurutnya, selain peningkatan 3T dan disiplin 3M, hal yang juga menjadi kunci bagi sebuah negara agar mampu mengimbangi kecepatan penyebaran Covid-19 adalah blueprint atau kerangka kerja terperinci dan strategi utama penanggulangan corona. Termasuk di dalamnya menetapkan target kapan pandemi ini bisa dikendalikan.

“Oleh karena itu, mengingat tren penambahan kasus positif di Indonesia terus meningkat, sudah saatnya implementasi 3T dan 3M serta strategi utama penanggulangan Covid-19 dievaluasi dan dikaji kembali guna menemukan formulasi penanggulangan Covid-19 yang lebih cepat dan efektif," kata Fahira.

Senator asal DKI Jakarta itu mengatakan  pengalaman sukses negara lain yang telah berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 bisa dijadikan pelajaran.

"Lesson learned atau sari dari pengalaman beberapa negara lain yang saat ini sudah berhasil mengendalikan pandemi ini bisa dijadikan pijakan kebijakan Indonesia dalam penanggulangan Covid-19 ke depan,” ujar Fahira.

Menurut dia, memang bila dibanding negara lain terutama yang jumlah penduduknya besar misalnya Amerika Serikat, India, dan Brasil, jumlah kasus di Indonesia lebih sedikit.

Fahira menyarankan Indonesia belajar dari negara lain yang telah berhasil menanggulangi Covid-19 selain melaksanakan 3M dan 3T.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News