Sebaiknya Sarapan Sebelum atau Setelah Olahraga?

Sebaiknya Sarapan Sebelum atau Setelah Olahraga?
Berolahraga. Foto: Pixabay

jpnn.com - Makanan dan olahraga saling memengaruhi satu sama lain. Apa yang Anda makan saat sarapan akan sangat memengaruhi kondisi Anda. Terutama jika hari itu ada jadwal olahraga. Lalu sarapan itu baiknya sebelum atau setelah olahraga ya?

Sebuah studi di Inggris yang dimuat oleh American Journal of Physiology: Endocrinology and Metabolism menemukan bahwa sarapan sebelum olahraga pagi akan memicu tubuh untuk lebih banyak membakar karbohidrat saat berolahraga. Selain itu juga bisa  mempercepat penyerapan nutrisi setelah olahraga. 

Studi ini melibatkan 12 pria sehat yang melakukan 1 jam bersepeda di pagi hari. Mereka dibagi 2 kelompok. Untuk kelompok pertama diberikan sarapan bubur susu 2 jam sebelum bersepeda. Sedangkan kelompok kedua diberi makanan yang sama namun setelah bersepeda. 

Dari kadar gula darah dan gula dalam otot para sukarelawan, ditemukan bahwa sarapan sebelum berolahraga meningkatkan kemampuan tubuh membakar kalori saat olahraga. Selain itu juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencerna dan mengolah makanan yang dikonsumsi bahkan setelah olahraga usai.  Gula yang dibakar saat olahraga tak hanya yang terdapat dalam darah namun juga melibatkan gula di dalam otot. 

Hal ini menyimpulkan bahwa  sarapan sebelum olahraga, tubuh akan memiliki kemampuan  lebih besar untuk menyimpan nutrisi dibandingkan ketika Anda sarapan usai olahraga pagi.

Berikut beberapa tips mengenai sarapan sebelum olahraga yang bisa Anda terapkan.

Konsumsilah sarapan yang sehat
Jika Anda berolahraga di pagi hari, bangunlah lebih pagi agar dapat menyelesaikan sarapan setidaknya 1 jam sebelum olahraga dimulai. Jika tidak sarapan, kemungkinan Anda akan merasa lemas atau pusing saat olahraga. Beberapa opsi sarapan yang baik adalah:

  • Sereal gandum atau roti
  • Susu rendah lemak
  • Jus buah
  • Pisang
  • Yogurt
  • Panekuk

Jika Anda biasa mengonsumsi kopi di pagi hari, satu gelas sebelum olahraga tidaklah dipermasalahkan. Namun jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman pertama kalinya sebelum olahraga, waspada akan nyeri perut yang mungkin terjadi saat olahraga.

Makanan bernutrisi yang Anda makan saat sarapan bisa menunjang performa Anda saat olahraga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News