Sebanyak 1.640 Jemaah Haji Tiba di Embarkasi Jakarta-Bekasi

Sebanyak 1.640 Jemaah Haji Tiba di Embarkasi Jakarta-Bekasi
Jemaah haji. Foto: Ren/Kalteng Pos/JPNN

jpnn.com, BEKASI - Sebanyak 1.640 orang jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama dan keempat dari Sumedang dan Tasikmalaya datang ke Embarkasi Haji Jakarta-Bekasi, Selasa (17/7).

Kakanwil Kemenag Jawa Barat, Ahmad Buchori, mengatakan pihaknya baru menerbangkan kloter pertama menuju Makah melalui Bandara Soekarno Hatta.

“Alhamdulillah bahwa kloter pertama untuk embarkasi Jakarta-Bekasi pukul 16.00 WIB sudah diberangkatkan,” kata dia.

Pihaknya akan kembali menerbangkan kloter kedua dua jam pascakeberangkatan kloter pertama, di mana keberangkatan calon jemaah haji dilakukan setiap dua jam.

Ahmad menjelaskan, setiap kloter minimal berada di Embarkasi Haji Jakarta-Bekasi selama sembilan jam sesuai dengan Standard of Procedure (SOP) yang ada.

Menurut dia, akan ada sebanyak 98 kloter yang akan datang ke Embarkasi Jakarta-Bekasi. Namun, daya tampung jamaah di asrama tersebut hanya empat kloter.

“Sehingga antara flight, slot penerbangan yang ada, ini tidak mungkin menumpuk jamaah di sini dalam waktu yang bersamaan lima kloter. Jadi masih ada kloter-kloter yang bisa diberangkatkan lebih cepat dari kedatangannya. Jadi ada yang 12 jam, ada yang full sesuai standarnya (berada di lokasi),” tandasnya.(kub/pojokbekasi)


Setiap kloter minimal berada di Embarkasi Haji Jakarta-Bekasi selama sembilan jam sesuai dengan standard of procedure (SOP) yang ada.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News