Sebar Masker ke Pedesaan, Gus Jazil Puji Tindakan Kemendes PDTT

Sebar Masker ke Pedesaan, Gus Jazil Puji Tindakan Kemendes PDTT
Wakil Ketua MPR RI, Dr. H. Jazilul Fawaid atau Gus Jazil. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid memuji langkah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang membagikan masker ke pedesaan.

Menurut Gus Jazil, melawan Covid-19 yang mempunyai dampak merusak dan meluluhlantakkan berbagai sektor, harus dilakukan secara bersama.

“Seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan di mana pun tempatnya harus bersatu padu dan bergotong royong untuk mencegah pandemi Covid-19 ini,” kata Guz Jazil di Jakarta (25/8).

Menurutnya, melawan melawan Covid-19 secara sektoral tidak akan maksimal karena wabah ini menular tanpa mengenal batas apa pun. Siapa pun punya potensi terinfeksi.

Itu sebabnya legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini memuji langkah yang dilakukan Kemendes.

Kementerian yang saat ini dipimpin Abdul Halim Iskandar itu menggagas Gerakan Setengah Miliar Masker. Tujuannya untuk melindungi masyarakat desa dan daerah tertinggal dari penularan Covid-19 dan mewujudkan desa aman dari Covid-19.

Melalui surat No. S.2294/HM.01.03/VII/2020 yang ditujukan kepada seluruh kepala desa, Mendes Halim mewajibkan mereka untuk menyediakan 4 buah masker kain yang bisa dicuci bagi setiap warga desa.

Penyediaan empat masker itu dirinci, 2 masker diadakan dengan dana desa lewat Bumdes, 2 masker berikutnya melalui gotong royong atau swadaya masyarakat desa.

Dalam gerakan tersebut, Kemendes PDTT juga melibatkan PKK. Kelompok itu mendapat tugas untuk membagikan masker ke rumah-rumah.

Apa yang dilakukan itu merupakan wujud implementasi instruksi Presiden untuk menerapkan protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Kami mengapresiasi kepedulian Kemendes PDTT dalam upaya turut menjamin kesehatan masyarakat desa,” kata politikus asal Pulau Bawean ini.

Pimpinan MPR Gus Jazil memuji langkah Kemendes menggagas Gerakan Setengah Miliar Masker di pedesaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News