Sebegini Dana yang Terkumpul untuk Warga Minang Korban Rusuh Wamena

Sebegini Dana yang Terkumpul untuk Warga Minang Korban Rusuh Wamena
Gubernur Papua Lukas Enembe ketika menemui Wagub Sumbar Nasrul Abit di Gedung Negara Jayapura, Senin (30/9/2019). Foto: ANTARA/HO/Humas Pemprov Papua

jpnn.com, PADANG - Dana yang masuk ke Rekening Sumbar Peduli Sesama untuk membantu warga Minang korban kerusuhan Wamena, hingga Senin (30/9) baru mencapai Rp369 juta. Dana itu merupakan sumbangan dari 302 orang serta instansi.

"Ini kondisi Senin pukul 11.30 WIB.Kami akan tetap informasikan bantuan yang masuk secara transparan," kata Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Jasman di Padang, Senin (30/9).

Jasman mengatakan bantuan untuk perantau Sumbar di Wamena tidak diharuskan melalui rekening yang dibuka Pemprov Sumbar di Bank Nagari. Masyarakat bisa mengirimkan sendiri bantuan tersebut, apalagi kalau memang ada saudara dan pihak keluarga yang terkena musibah di perantauan itu.

Bagi masyarakat yang ingin membantu, tetapi tidak tahu kemana akan mengirimkan bantuan, bisa disalurkan melalui rekening Sumbar Peduli Sesama yang dibuat Biro Bina Mental Pemprov Sumbar. Rekening itu Bank Nagari 2101.0210. 07340-3 atas nama Sumbar Peduli Sesama.

"Berapapun yang terkumpul akan kami umumkan secara berkala dan akan dimanfaatkan untuk membantu pemulangan perantau yang ingin balik kampung," katanya.

Proses pemulangan warga Minang rencananya dilakukan melalui laut dengan menyewa kapal milik Pelni dari Papua langsung ke Teluk Bayur, Padang.

Rencananya, Pemprov Sumbar memakai dana talangan dari Baznas untuk membiayai pemulangan itu. Jika sumbangan dari masyarakat sudah terkumpulm, akan digunakan untuk mengganti uang Baznas. (Antara/jpnn)

Masyarakat bisa menyalurkan dana bantuan untuk warga Minang korban kerusuhan Wamena di rekening Sumbar Peduli Sesama.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News