Sebegini Gaji Petugas Sensus Pertanian 2023, Alhamdulillah, Lumayan

Sebegini Gaji Petugas Sensus Pertanian 2023, Alhamdulillah, Lumayan
Sebegini gaji petugas Sensus Pertanian 2023. Ilustrasi/foto: dokumentasi JPNN.com/Ricardo

jpnn.com - JAKARTA - Sensus Pertanian 2023 yang akan dimulai 1 Juni mengerahkan 196 ribu petugas lapangan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sekretaris Utama Badan Pusat Statistik (BPS) Atqo Mardiyanto mengatakan gaji petugas lapangan Sensus Pertanian 2023 pada kisaran Rp3 juta hingga Rp4 juta per bulan.

"Petugas lapangan nanti akan dikontrak sebulan hingga dua bulan berdasarkan beban kerja," kata Atqo seusai Apel Siaga Sensus Pertanian 2023 di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Selasa (30/5).

"Gaji mereka sekitar Rp3 sampai Rp4 juta berdasarkan biaya hidup daerah mereka bertugas," sambungnya.

Petugas yang akan melakukan pengumpulan dan pencacahan data di lapangan selama 1 Juni hingga 30 Juli 2023 juga akan diberikan jaminan keamanan dan kesehatan, antara lain dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Kami bekerja sama dengan pemerintah daerah dan aparat keamanan untuk bisa berkolaborasi mengamankan jalannya Sensus Pertanian 2023. Kita juga mengikuti rekomendasi pengamanan aparat penegak hukum," katanya.

Total Anggaran Sensus Pertanian 2023

Total anggaran yang disiapkan untuk keseluruhan Sensus Pertanian 2023 mencapai Rp3 triliun yang akan digunakan untuk 514 satuan kerja BPS yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sensus Pertanian 2023 diselenggarakan berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan amanat FAO bahwa sensus pertanian perlu dilakukan setiap negara minimal 10 tahun sekali.

BPS menyebut gaji petugas Sensus Pertanian 2023, yakni petugas pengumpulan dan pencacahan data di lapangan. Lumayan. Alhamdulillah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News